Pendidikan Kimia Pascasarjana FMIPA UNY sukses Menyelanggarakan WEBINAR Nasional 2020

Situasi pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap berbagai sektor, termasuk dalam kegiatan penelitian dan pengajaran di lingkungan sekolah maupun universitas, sehingga hal inipun membuat para akademisi kesulitan untuk melakukan penelitan secara luring baik di sekolah maupun di universitas. Ditengah-tengah keadaan sulit ini Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana FMIPA UNY hadir untuk menyelanggarakan Webinar Nasional dengan tema “Trend Penelitian Pendidikan Kimia di Masa Pandemi Covid-19”.

Acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 21 November 2020 ini, dilakukan secara virtual dengan aplikasi Zoom Meeting dengan menghadirkan narasumber dari luar dan dalam lingkup UNY. Dosen FKIP Univeritas Jambi sekaligus Ketua Program Studi  S2 Universitas Jambi, Muhammad Haris Effendi-Hasibuan, M.Si, Ph.D dan Dosen FMIPA UNY sekaligus Ketua Prodi Pendidikan Kimia Pascasarjana S2 dan S3 UNY, Prof. Dr. Hari Sutrisno, M.Si hadir sebagai narasumber Selanjutnya, dalam webinar ini, Muhammad Haris Effendi-Hasibuan, M.Si, Ph.D membawakan materi dengan topik “Melakukan penelitian non-interaksi di masa pandemi Covid-19”. Sementara itu, Prof. Dr. Hari Sutrisno, M.Si membawakan materi dengan topik “Analisis multivariat; Pemilihan analisis data kuantitatif yang tepat untuk peneitian pendidikan kimia di mas pandemic Covid-19”.

Webinar Nasional ini merupakan bentuk kepedulian Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana FMIPA UNY, terhadap sulitnya melakukan penelitian di masa pandemi Covid-19. Direktur Program Pascasarjana Prof. Dr. Suyanta, M.Si dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas hadirnya webinar nasional ini. “Atas nama Pascasarjana UNY, kami sangat mengapresiasi atas berlangsungnya acara webinar nasional ini yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana FMIPA UNY. Semoga webinar nasional ini dapat membantu mahasiswa S2 dan S3 dalam melakukan penelitian-penelitianA baik untuk tugas akhir maupun untuk penulisan artkel” ucap Direktur Pascasarja UNY.

Acara Webinar Nasional ini dibuka langsung oleh Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Ariswan, M.Si. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ariswan, M.Si menyatakan bahwa webinar nasional ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana FMIPA UNY di masa pandemi Covid-19 ini. “Webinar nasional yang dilenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana FMIPA UNY merupakan salah satu inovasi untuk menghadirkan solusi terhadp trend penelitian yang bisa dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini”. Kemudian  Prof. Dr. Ariswan, M.Si berharap agar Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana FMIPA UNY dapat terus melakukan inovasi-inovasi terbaru baik di tingkat nasional maupun internasioal, sehingga bermanfaat bagi semua orang.

Webinar nasional ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para akademisi untuk tetap terus berkarya dalam melakukan penelitian dan penulisan artikel-artikel ilmiah di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, webinar ini diharapkan dapat menjadi wadah dalam memperoleh informasi terkait trend penelitian di masa pandemi Covid-19 dari para narasumber yang dihadirkan. Webinar nasional inipun dihadiri oleh 250 peserta dari berbagai universitas yang ada di Indonesia.