Guest Lecture: Students’ mental models in chemistry learning Bersama Prof. Dr. Hans-Dieter Barke, dari Muenster University, Jerman

.Pada hari Jumat, 12 Juli 2024, Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UNY menyelenggarakan Guest Lecture dengan menghadirkan Prof. Dr. Hans-Dieter Barke dari Muenster University, Jerman. Kuliah ini dirancang khusus untuk mahasiswa pendidikan kimia dengan topik yang sangat relevan dan mendalam: "Students’ Mental Models in Chemistry Learning." Prof. Barke menjelaskan tentang model mental siswa dalam pembelajaran kimia, memaparkan berbagai teori dan penelitian terbaru tentang bagaimana siswa mengembangkan dan menggunakan model mentalnya dalam proses belajar kimia.

Prof. Barke menjelaskan bahwa model mental siswa merupakan representasi kognitif yang siswa bangun untuk memahami dan memproses informasi kimia. Model ini, yang sering kali bersifat pribadi dan dapat berbeda antara individu, mempengaruhi cara siswa memahami konsep-konsep kimia, menyelesaikan masalah, dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks praktis. Prof. Barke menguraikan berbagai pendekatan untuk mengevaluasi dan memodifikasi model-model mental ini, termasuk teknik-teknik untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang umum terjadi dan strategi untuk memperbaikinya.

Kegiatan ini menawarkan manfaat besar bagi mahasiswa pendidikan kimia, karena mereka dapat mempelajari dan memahami teknik-teknik terbaru dalam mengidentifikasi dan mendukung model mental siswa. Pengetahuan ini sangat berguna dalam mempersiapkan mahasiswa Pendidikan kimia untuk menghadapi tantangan di lapangan sebagai pendidik masa depan. Diskusi interaktif selama sesi tanya jawab memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali lebih dalam dan mendiskusikan aplikasi praktis dari konsep-konsep yang dipelajari, serta bertukar ide dengan Prof. Barke mengenai bagaimana mengimplementasikan teori model mental dalam pengajaran sehari-hari.

Acara ini dihadiri oleh banyak mahasiswa yang antusias dan tertarik untuk memperluas pemahamannya tentang cara siswa belajar dan cara terbaik untuk mendukung proses pembelajaran tersebut. Kehadiran Prof. Barke tidak hanya memperkaya pengalaman akademis mahasiswa, tetapi juga memperkuat posisi FMIPA UNY sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk menghadirkan wawasan dan keahlian global dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Guest Lecture ini juga membuka peluang untuk menjalin kerjasama lebih lanjut antara UNY dan para ahli dalam model mental, yang diharapkan dapat mendorong inovasi dan pengembangan berkelanjutan dalam bidang pendidikan kimia.

Secara keseluruhan, acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan yang berharga tetapi juga memotivasi dan mempersiapkan mahasiswa pendidikan kimia untuk menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan dengan pendekatan yang lebih berbasis bukti dan berbasis riset, sekaligus memperkuat komitmen UNY untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang berorientasi pada masa depan.